Thursday, February 23, 2012

2. Pengertian Pendidikan Islam


  1. Pengertian Pendidikan Islam
Pendidikan adalah usaha sadar yang dimaksudkan untuk mengantarkan peserta didik kearah kesempurnaannya. Pendidikan memiliki urgensi yang sangat besar bagi kehidupan seseorang secara pribadi maupun sosial. Al-qur’an menyebut umat yang tidak tarbiyah sebagai umat jahiliyah yang lekat dengan kebodohan, kehinaan, kelemahan, dan perpecahan.
Istilah pendidikan dalam konteks Islam pada umumnya mengacu pada term al-tarbiyah, al-ta’lim dan al-ta’dib. dari ketiga istilah tersebut term yang populer digunakan dalam praktek pendidikan Islam ialah term al-tarbiyah. sedangkan term al-ta’lim dan al-ta’dib jarang sekali digunakan. padahal kedua istilah tersebut telah digunakan sejak awal pertumbuhan pendidikan Islam.
  1. Istilah al-tarbiyah
Penggunaan istilah tarbiyah berasal dari kata rabb, rabbayani, nurabbi, dan rabbani. Walaupun kata ini banyak arti, akan tetapi pengertian dasarnya menunjukan makna tumbuh, berkembang, memelihara, merawat, mengatur, dan menjaga kelestarian atau eksistensinya.
  1. Istilah al-ta’lim
Istilah ta’lim sudah digunakan sejak priode awal pelaksanaan pendidikan Islam. Menurut para ahli, kata ini lebih bersifat universal dibanding dengan kalimat al-tarbiyah maupun al-ta’dib. Ta’lim merupakan kata benda buatan (mashdar) yang berasal dari asal kata ‘allama. Sebagian para ahli menerjemahkan tarbiyah dengan pendidikan dan ta’lim diterjemahkan dengan pengajaran.
  1. Istilah al-ta’dib
Ta’dib lazimnya diterjemahkan dengan pendidikan sopan santun, tata krama, adab, budi pekerti, akhlak, moral dan etika. Berdasarkan batasan tersebut, maka, al-tadib berarti pengenalan dan pengakuan yang secara berangsur-angsur ditanamkan kedalam diri manusia (peserta didik).


Dalam bahasa Indonesia istilah pendidikan berasal dari kata “didik” dengan memberinya awalan “pe” dan akhiran “an”, mengandung arti “perbuatan” hal, cara dan sebagainya. Istilah pendidikan ini berasal dari bahasa yunani, yaitu “Paedagogie” yang berarti bimbingan yang diberikan kepada anak. Istilah ini kemudian di terjemahkan kedalam bahasa inggris dengan education, yang berarti pengembangan atau bimbingan.
Dalam bahasa arab istilah ini sering diterjemahkan dengan “tarbiyah” yang berarti pendidikan. Dalam perkembangannya istilah pendidikan berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan dengan sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar ia menjadi dewasa.
Pemahaman tentang pendidikan Islam dapat di awali dari penelusuran pengertian pendidikan Islam, sebab dalam pengertian itu terdapat indikator-indikator esensial dalam pendidikan. Upaya penelusuran pengertian Pendidikan Islam kiranya tepat apabila kita menggunakan metode semantik yang ditawarkan oleh Izutsu yang terdapat dalam buku Ilmu Pendidikan Islam.
Menurut beliau (Izutsu) terdapat tiga prosedur untuk menggali hakikat sesuatu dari Al-qur’an:
  1. Memilih istilah-istilah kunci (key terms) dari vocabulary al-qur’an yang dianggap sebagai unsur konseptual dari weltanschauung dari al-qur’an. Istilah kunci yang dimaksud seperti tarbiyah, ta’lim, ta’dib, riyadhah, irsyad, dan tadris.
  2. menentukan makna pokok (basic meaning) dan makna nasabi (relation meaning). makna pokok berkaitan dengan makna sematik atau makna etimologi (lughawi), seperti kata tarbiyah (pendidikan) seakar dengan kata rabb (tuhan) yang berarti memelihara. sedangkan makna nasabi berkaitan dengan makna tambahan yang terjadi karena istilah itu dihubungkan dengan konteks dimana istilah itu berada, seperti perbedaan makna tarbiyah dalam konteks tertentu pada QS. Al-Isra : 24 dan Asy-Syu’ara : 18.
  3. Menyimpulkan weltanschauung dengan menyajikan konsep-konsep itu dalam satu keutuhan. Penyimpulan ini lazimnya melahirkan pengertian terminologi atau istilah dalam pendidikan Islam.
Pendidikan Islam menurut Al-Abrasyi adalah mempersiapkan manusia supaya hidup dengan sempurna dan bahagia, mencintai tanah air, tegap jasmaninya, sempurna budi pekertinya (akhlaknya) teratur pikirannya, halus perasaannya, mahir dalam pekerjaannya, manis tutur katanya, baik lisan maupun tulisan.
Sedangkan menurut marimba pengertian pendidikan Islam adalah “bimbingan jasmani dan rohani berdasarkan hukum-hukum agama Islam menuju kepada terbentuknya kepribadian menurut ukuran Islam”.

No comments:

Post a Comment