Thursday, February 23, 2012

BAB II.1 PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN


BAB II
PEREMPUAN DAN PENDIDIKAN


  1. Pengertian Perempuan
Menurut definisi dalam Kamus Bahasa Indonesia disebutkan, perempuan adalah orang (manusia) yang mempunyai vagina, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak dan menyusui. Sedangkan wanita adalah perempuan yang berusia dewasa. Pe.rem.pu.an [n] (1) orang (manusia) yg mempunyai puki, dapat menstruasi, hamil, melahirkan anak, dan menyusui; wanita; (2) istri; bini: -- nya sedang hamil; (3) betina (khusus untuk hewan).
Asal kata wanita : Vani (bhs Sansekerta) > Vanita / Desire = Keinginan > Wanita = Mengandung makna sesuatu yang selalu diinginkan. Arti konotasi dari kata ini ialah wanita adalah objek seks, selalu diinginkan (Sanskrit – English Dictionary ; Sir Monier Williams, Delhi Varanasi, Motilal Banarsidas, 1981).
Definisi Istilah : Sex (Jenis Kelamin)--Biologis--Dipunyai sejak lahir--Karenanya tidak dapat dirubah--> Contoh : 1. Hanya perempuan yang bisa melahirkan, 2. Hanya laki-laki yang bisa menghamili. Gender--Konstruksi sosial--Tidak dipunyai sejak lahir--Karenanya bisa dirubah--> Contoh : 1. Perempuan/laki-laki bisa bekerja sebagai buruh, guru, insinyur, dokter, dll. 2. Perempuan/Laki-laki bisa mengurus rumah tangga, mengasuh anak, dan menjaga orangtua.

No comments:

Post a Comment