Monday, February 27, 2012

5. Dedikasi Perempuan dalam Pendidikan Islam

5. Dedikasi Perempuan dalam Pendidikan Islam
Sebuah keberhasilan di berbagai bidang sosial kemasyarakatan, lebih-lebih pada bidang agama dan ruang lingkupnya tidaklah mudah diraih tanpa adanya perjuangan dan pengorbanan sebagai bentuk pengabdian pada bidang masing-masing, inilah yang disebut dedikasi. Dari sini muncul keikhlasan seseorang dalam melakukan aktivitas yang berguna.
Dalam dunia pendidikan Islam, tidak terlepas dari peran serta pihak-pihak terkait; mulai dari seorang pendidik, materi, peserta didik, dan tujuan. Paling tidak, apa yang difirmankan Allah dalam al-Qur’an sebagai metode cultural dan universal dalam pendidikan Islam,

Serulah (manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. (QS. Al-Nahl : 125)

Ayat ini dan yang serupa dengannya, memberikan metode dalam menyampaikan pengajaran dan pendidikan Islam. Sebagaimana diketahui bahwa pendidikan yang ideal adalah pendidikan yang merupakan satu sistem (satu kebulatan yang terdiri atas pelbagai unsur yang saling menopang, mengukuhkan, saling melengkapi atau menyempurnakan. Sedang dalam Islam pendidikan biasa disebut dengan tarbiyah, yang berarti mengarahkan sesuatu tahap demi tahap menuju kesempurnaan kejadian dan fungsinya. Seperti halnya seseorang mengajari seorang anak mengaji al-Qur’an mulai dari mengenal huruf, baris, sampai kepada ayat-ayat panjang.
Dengan demikian, pendidikan Islam adalah proses bimbingan (pimpinan, tuntunan, asuhan) oleh subjek didik terhadap perkembangan jiwa (pikiran, perasaan, kemauan, intuisi, dan lain sebagainya) dan raga objek didik dengan bahan-bahan materi tertantu pada jangka waktu tertentu dan dengan metode tertentu dan dengan alat perlengkapan yang ada ke arah terciptanya pribadi tertentu disertai evaluasi sesuai dengan ajaran Islam.
Bertolak dari paparan di atas, maka pendidikan adalah sebuah aktivitas mulya yang bersumber dari berbagai zaman. Sebuah bimbingan ke jalan yang lebih luas dan masa depan yang lebih cerah, membutuhkan subjek-subjek yang berdedikasi matang dan berkopetensi, baik dia seorang lelaki maupun perempuan. Nabi Muhammad SAW. adalah seorang lelaki yang menjadi sentra percontohan seorang pendidik yang sempurna. Beliau membimbing, mengajari, dan mengarahkan orang-orang sekelilingnya pelajaran yang dapat mengantarkannya ke gerbang kesuksesan hingga bermunculanlah generasi-generasi yang mumpuni.
Terkait dengan pembahasan ini, baik pada masa lalu maupun masa kini, kaum lelaki mendominasi menjadi seorang pendidik dan da’i. Namun bukan suatu fenomena yang aneh dan tabu jika hadir seorang perempuan maju ke muka dengan melontarkan kajian-kajian ilmiyah dan sciencenya. Perbedaannya hanya pada jenis kelamin yang berkesan bahwa lelaki lebih kuat dan berfikir luas dari pada lawan jenisnya. Sisi lain, tidak sedikit seorang pendidik perempuan telah banyak ‘mencetak’ para ahli ilmu pada bidang masing-masing.
Penulis menganalisi sebuah novel ‘Wanita Berkalung Sorban’. Dari judulnya nampak sebuah kata yang janggal, yaitu ‘sorban’. Sebuah pakian pelengkap yang biasa dikenakan oleh kaum lelaki muslim. Kata itulah yang akan menguak figur seorang perempuan muda yang hidup di suatu pusat pendidikan Islam yang biasa di sebut pesantren. Layaknya wanita lain, kesempatannya untuk maju dan berkembang selalu terbatas dengan hukum yang sudah mentradisi, yaitu laki-laki adalah pemimpin pada berbagai bidang.
Tidak ada motivasi khusus baginya untuk berontak dalam arti positif, selain setelah benar-benar merasa tertindas dengan kesewenang-wenangan yang ekstrim dari seorang lelaki yang menjadi suaminya. Aksi pembaharuannya cukup menjadi garam dalam luka, hingga ahirnya ia tampil menjadi sosok wanita berkalung sorban tanpa menginjak-injak sorban itu.
Ditinjau dari sisi pendidikan Islam, sosok perempuan di atas mencerminkan seorang pembaharu dalam bidang pendidikan dalam arti luas. Islam memiliki retorika pada berbagai bidang, khususnya yang direspresentasikan oleh bagian kalangan, banyak mengadopsi aliran keras melawan wanita, yang menganggapnya sebagai makhluk di bawah derajat lelaki. Wanita harus selalu berada di rumah, tidak di luar, kecuali terpaksa untuk emenuhi kebutuhan pokok atau semisalnya.
Pada asalnya retorika al-Qur’an dan sunnah ditujukan kepada laki-laki dan perempuan secara bersamaan, kecuali jika ada nash lain yang mengkhususkannya untuk salah satu dari kedua jenis itu. Maka ketika retorika al-Qur’an berbunyi, “ya Ayyuha lladzina amanu” (Wahai orang-orang yang beriman) atau “Ya ayyuha nnas” (wahai sekalian manusia) yang diseru dalam hal ini adalah laki-laki dan perempuan secara bersamaan.
Lihatlah ummu Salamah ketika mendengar seruan Rasulullah SAW. “Wahai sekalian manusia,” maka ia segera meninggalkan kesibukannya, yang ketika itu sedang ditata rambutnya oleh tukang sisirnya. Dikatakan, “Bukankah beliau menyerukan, Wahai manusia? Ummu Salamah menjawab; “Saya termasuk manusia.”
Tidak terbayangkan dalam Islam adanya prejudikasi buruk terhadap perempuan sekaligus enguntungkan laki-laki, atau mendeskriditkan wanita dan sebalinya. Karena yang menurunkan syariat bukanlah seorang laki-laki, atau kelompok laki-laki, sehingga berlaku buruk kepada wanita. Dalam hal ini adalah Tuhan dari seluruh makhluk laki-laki dan perempuan, Tuhan yang mempersatukan kedua makhluk ini dalam ikatan pernikahan.
Pelajaran lain dari retorika agama, yang menunjukan dedikasi peremuan, sebagaimana hadits,
يا أمتاه لا اعجب من فهمك أقول زوجة رسول الله صلى الله عليه وسلم وبنت أبي بكر ولا اعجب من علمك بالشعر وأيام الناس أقول ابنة أبي بكر وكان أعلم الناس أو من أعلم الناس ولكن اعجب من علمك بالطب كيف هو ومن أين هو قال فضربت على منكبه وقالت أي عرية ان رسول الله صلى الله عليه وسلم كان يسقم عند آخر عمره أو في آخر عمره فكانت تقدم عليه وفود العرب من كل وجه فتنعت له الأنعات وكنت أعالجها له فمن ثم

Berkata ‘Urwah kepada ‘Aisyah RA., “Wahai hamba perempuan, aku tidak heran dengan pengetahuanmu, karena kamu adalah isteri Rasulullah SAW. dan puteri Abu Bakar. Aku juga tdak heran dengan pengetahuanmu tentang syair dan hari-hari manusia, karena kamu adalah puteri Abu Bakar, manusia yang paling alim. Namun yang aku herankan adalah pengetahuanmu tentang kedokteran, bagaimana mungkin kamu mempelajarinya, darimana dan apa?” ‘Aisyah lalu menepuk bahunya dan berkata, “Wahai ‘Urwah, saat Rasulullah SAW. sakit, selama itu pula tabib-tabib dari penjuru Arab datang silih berganti. Mereka memberikan berbagai resep untuk beliau dan akulah yang mengobatkannya kepada beliau. Dari sanalah (aku mengetahui ilmu kedokteran) ”(HR. Imam Ahmad)
Telah terbukti dalam sejarah bahwa di bawah naungan Islam, perempuan mampu mencapai tingkat keilmuan dan kebudayaan yang tertinggi, serta memperoleh porsi terbesar dalam pendidikan dan pengajaran pada masa generasi Islam pertama.
Wanita-wanita muslimah ada yang menjadi penulis dan penyair kondang, seperti: Ulyah binti al-Mahdi, ‘Aisyah bin Ahmad bin Qadim, walladah binti al-halifah al-Mustakfi Billah, dan didapati seorang penulis dan aktivis perempuan Mesir abad19; Zainab al-Ghazali, dan lain-lain.
Fenomena “Wanita Berkalung Sorban” adalah fiksi yang hendak mengingatkan kepada para kaum lelaki ‘Jahiliyah’ agar lebih jeli dan adil dalam menyikapi kaum perempuan, kendatipun Islam menjunjung tinggi derajat mereka. Mengingatkan pula kembali kepada kaum perempuan yang berobsesi menempati posisi kaum pria dengan tanpa pertimbangan yang matang agar mereka lebih menyadari sebagai mahkluk Tuhan yang sangat mendapat perhatian khusus dari Allah Ta’ala.

No comments:

Post a Comment