Monday, February 27, 2012

BAB III Kajian Perempuan dalam Teori Gender


BAB III

  1. Kajian Perempuan dalam Teori Gender
Salah satu pelajaran berharga dari kesuksesan dakwah Nabi SAW. didasarkan pada kolaborasi dan kemitraan sehati antara lelaki dan perempuan. Keduanya secara biologis memang ditakdirkan berbeda, tetapi secara sosial-kultural sama-sama menentukan arah sejarah kemanusiaan. Karena itu, untuk saat ini, diskriminasi historis dalam melihat perempuan perlu diakhiri sebagai upaya awal pembebasan perempuan dari belenggu sejarahnya.
Rasullullah SAW, telah meletakkan dasar dan ketauladanan dalam meningkatkan harkat dan martabat kaum perempuan. Sayangnya, dalam sejarah peradaban Islam sepeninggal Rasul yang mulia itu posisi perempuan semakin terpuruk. Penyebabnya sangat komplek, mulai dari pertikaian politik internal, kemerosotan sosial ekonomi, hingga menjauhnya umat Islam dari spirit dasar Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Berbagai upaya pembebasan dan pemberdayaan perempuan telah di lakukan selama ini. Asumsinya, jika perempuan berdaya, merdeka, dan mampu tampil memberikan kontribusi positif dalam ranah sosial, politik maupun ekonomi, niscaya dunia Islam akan tampil lebih berjaya.



No comments:

Post a Comment